/* */ Cara Cepat Input Nilai USBN/RAPOT Dapodik | Operator Sekolah Dapodik

Cara Cepat Input Nilai USBN/RAPOT Dapodik


Mulai Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 Aplikasi Dapodik mengalami perubahan versi sebanyak 3 (tiga) kali yaitu versi 2017a, 2017b dan yang terakhir versi 2017c. Pada versi yang 2017c ini ada perubahan yaitu salah satunya penambahan nilai USBN dan RAPOT seperti gambar diatas. Namun saya tidak membahas detail nilai apakah itu dan sebagainya. Akan tetapi saya hanya sebatas share tips dan trik cara cepat bagaimana menginput nilai USBN dan RAPOT secara cepat. Baiklah mari dibahas dibawah ini.

LANGKAH I
SIAPKAN TOOL
Berikut tool/alat yang perlu disiapkan sebelum melakukan penginputan yaitu (Notepad, legger nilai usbn/rapot, file exel import dapodik dan file exel yang dibuat mirip dengan import dapodik) :
  1. Aplikasi Notepad :
  2. File exel nilai murni USBN/RAPOT atau legger :
  3. File exel import dari dapodik. Kalau belum ada download terlebih dahulu :


    Dibawah ini gambar file import dari dapodik yang didownload barusan :

  4. File exel baru yang dibuat format hampir sama persis dengan file exel import dari dapodik (bertujuan untuk transfer nilai) :
Deskripsi kebutuhan alat diatas adalah untuk mensiasati entri nilai pada file import dari dapodik lancar dan cepat. Sehingga perlu bantuan-bantuan file lain (notepad, file exel baru mirip file exel import dapodik) agar memudahkan saat transfer nilai dari tiap file-file tersebut.

LANGKAH II PRAKTIKUM
COPY NILAI

Lakukan copy nilai rapot dari file nilai murni rapot :

Kemudian Paste Spesial Value pada file exel yang mirip dengan file exel import dari dapodik:


Nah disini kita harus pandai mensiasati nilai yang akan dicopykan ke exel import dapodik. Sehingga perlu dipikir dan siapkan kebutuhannya datanya seperti gambar diatas. Silahkan dipernuhi terlebih dahulu data yang akan dicopykan. Mohon maaf tidak saya tampilkan caranya semua, cara ini cukup mewakili yang lain. Kemudian lakukan copy nilai lainnya seperti langkah diatas sampai data selesai.

LANGKAH III 
TRANSFER NILAI

Setelah nilai tersebut sudah dicopy dan dipaste seperti gambar diatas sampai data selesai. Sekarang lakukan transfer nilai dari exel tersebut ke notepad :


Setelah dipaste, copy data pada notepad tersebut :
 Kenapa harus notepad ? karena notepad dapat menghilangkan format yang berada pada format file exel tadi sehingga ketika dipaste pada file exel yang lain, format tesebut hilang.

 Kemudian Paste pada exel import dari dapodik :


Jangan lupa nilai kkm diisi, jika tidak maka nilai tidak akan tampil :

Dalam file ini, jika nilai 0 nanti tidak akan ditampilkan alias kosong. Jika terdapat nilai yang belum diisi, nilai tidak dapat ditampilkan.

LANGKAH IV
UPLOAD NILAI
Jika sudah nilai import dapodik terisi, maka sekarang upload nilai tersebut dan jangan lupa disimpan terlebih dahulu. File tidak harus ditutup :


Cari lokasi file import dapodik yang telah disimpan :


Pilih import :


Maka akan tampil seperti :


Jika nilai tidak tampil, coba tekan refresh pada tombol :


Jika nilai tidak tampil, ada kemungkinan file yang dipilih salah/nama rombel keliru. Jelas tidak dapat ditampilkan. Yang kedua nilai kkm tidak diisi. Yang ketiga sering tekan refresh pada tombol hijau diatas untuk menampilkan nilai setelah diimport (bila nilai tidak tampil).

Demikian langkah bagaimana cara cepat input nilai RAPOT atau USBN Dapodik.
Deskripsi cara ini yaitu : sering menggunakan copy paste. Copy paste pada file sama halnya melakukan drop down pada file exel import dapodik secara bersamaan saat entri nilai. Sehingga cara ini menyingkat waktu.
Share on Google Plus

About Aa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar